Sudahkah Anda paham Syarat dan Rukun Umroh Sebagai Panduan Ibadah ditahan suci?

0
139
syarat dan rukun umroh

Ibadah Haji dan Umroh merupakan salah satu Impian utama bagi seorang muslim diseluruh belahan dunia. Banyak sekali keutamaan dan ganjaran pahala bagi seorang muslim yang beribadah ditanah suci baitulloh Makkah dan Madinah.  Seperti termaktub dalam salah satu Hadist Rosullulloh SAW:
 sholat dimasjid Nabawi

Saat hendak melaksanakan ibdaha umroh ke tanah suci makkah ada baiknya Kita mengetahui, memahami dan mengerti syarat dan rukun umroh agar ibadah umroh yang Kita lakukan nanti akan sempurna disisi Allah dan tidak menjadi sia-sia karena kebodohan dan kefakiran karena kurangnya Ilmu.

Adapun Syarat Umroh ialah suatu yang wajib dilaksanakan sebelum memulai sesuatu saat pelaksanaan ibadah umroh. Dan jika salah satu dari syarat-syarat tidak dapat dipenuhi maka tidaklah sempurna dan ibadah umroh tersebut tidak sah. Hanya kesia-sia dalam beramal dan bisa dikatan sekedar plesiran ke tanah suci.

Dan Rukun umroh adalah Amalan yang wajib dilakukan saat dalam melaksanakan suatu kegiatan umroh. Kata “rukun” merupakan hal bagian yang harus atau pokok. Seperti halnya membaca surah Al-Fatihah saat mendirikan sholat adalah salah satu syarat sah nya sholat atau bagian yang pokok. Lebih tepatnya melaksanakan sholat tapi tidak membaca surah Al-Fatihah maka sia-sia laah sholatnya seorang muslim.

Berikut merupakan syarat dan rukun umroh yang akan kita ketahui bersama:

Adapun syarat umroh yaitu:

  1. Seorang Muslim

Dalam melaksanakan ibadah umroh hanya dapat dilakukan oleh seorang muslim atau muslimat, dalam hal ini beragama Islam. Diluar agama Islam maka tidaklah sah dan haram dilakukan oleh orang yang mau melaksanakan umroh.

  1. Sehat Jiwanya atau Berakal

Untuk dapat diterima amalan sebuah ibadah seorang muslim diantaranya harus berakal sehat dalam hal ini tidak memiliki penyakit gangguan jiwa dengan kata lain “Gila” dan jika tidak berakal maka tidak ada kewajiban baginya untuk melaksanakan ibadah apapun termasuk umroh.

  1. Sudah Akhil Baligh

Istilah Baliq atau dianggap dewasa bagi laki-laki muslim yaitu sudah mengalami mimpi basah dan untuk muslimah ditandai dengan mengalami menstruasi.

  1. Mampu (*Waktu dan biaya)

Dalam hal ini kemampuan dalam hal finacial berupa biaya umroh dan juga kemampuan kedaan fisik jasmani yang sehat,.

Rukun Umroh yang harus Anda ketahui:

  1. Niat Ihram

Akan sia-sia laah amalan ibadah suci bagi seorang muslim jika tiada niat hanya kepada Allah saat akan mulai melakukan umroh atau haji dan sudah tentu ibadah umroh atau haji nya tidak sah.

dari sayidina umar bin khatab 

Kapankah niat umroh diucapkan?

Anda dapat mulai niat umrah (istilahnya biasa disebut miqot) saat berada di daerah Birr Ali, yaitu suatu tempat antara Makkah –  Madinah, yakni disekitar pinggir jalan raya antara Makkah – Madinah tepatnya disekitar daerah Dzulhulaifah dengan jarak sekitar 9 kilo dari Masjid Nabawi.

Menggunakan Pakaian Kain Ihram?

Kain Ihrom

Kain Ihram merupakan dress code yang wajib digunakan bagi setiap muslim yang akan menunaikan ibadah Umroh atau pun Ibadah Haji di tanah suci Mekah. Kain ihram yang digunakan saat umroh atau haji tidak sama dengan pakaian yang umumnya kita gunakan sehari-hari karena penggunaan kain ihram hanya dililitkan ke sekujur tubuh tanpa adanya jahitan yang menjadi penyambung pakain ihram, biasa juga disitilahkan pakaian suci karena warna pakaian yang berwarna putih dan tanpa ada jahitan atau rajutan yang membetuk pola tertentu.

 

  1. Tawaf (Mengitari Ka’bah sebanyak 7 putaran).

thawafAdalah mengelilingi Ka’bah hingga 7 kali, dan setiap tiga putaran pertama dianjurkan untuk berlari-lari kecil (jika memungkinkan), dan selanjutnya dengan berjalan biasa. Adapun tawaf diawali dan diakhiri di Hajar Aswad dengan posisi Baitullah berada disebelah kiri.

 

 

 

  1. Sai atau melakukan lari-lari kecil antara Shafa – Marwah dengan sebanyak tujuh kali.
  2. Tahallul yaitu mencukur rambut kepala sebagian.
  3. Tertib.

Berikut Panduan Sederhana Kegiatan umroh

  • Persiapan mental untuk berangkat menuju Miqot
  • Membersihkan diri seperti mandi, lalu berpakain ihram saat di Miqot (bisa juga dilakukan saat masih dipemondokkan sesaat sebelum berangkat miqot )
  • Mangunakan pakaian ihram dan melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat (Ihram), disarankan untuk membaca surat al-kafirun pada rakaat pertama, setelah membaca surah Al-fatihah dan baca surah al-Ikhlas di rakaat kedua (setelah membaca al-fatihah ).
  • Mengucapkan niat atau melafalzkan saat melaksanakan umroh membaca “labbaikallahu umrotan” atau membaca “nawaitul ‘umrota wa ahromtu bihaa lillahi ta’aalaa”.
  • Setelah semuannya siap maka seluruh jamaah bertolak menuju Mekkah, menempuh perjalanan 450 KM sambil melafalkan talbiah sepanjang perjalanan hingga sampai masuk kota Mekkah.
  • Setelah tiba di pemondokkan baiknya segera menata barang bawaan Anda beserta jamaah lainnya dan tetap berpakaian ihram.
  • Lalu berangkat menuju Masjidil haram berpakaian ihram, jika bisa diusahakan Anda dan jamaah memasuki Masjidil harom lewat pintu Baabussalam? Karena Anda dan rombongan Jamaah akan langsung melihat ka’bah dan juga melintas makam nabi Ibrahim lalu kemudian menuju rukun Hajar Aswad.
  • Mengelilingi Ka’bah atau melakukan thawaf sebanyak 7 kali putaran.
  • Thawaf, merupakan aktifitas berjalan dari bukit Safa menuju bukit Marwa sebanyak 7 kali.
  • Lalu menggunting rambut minimal 3 helai rambut atau Tahallul, setelah Anda dan jamaah melakukan sa’i yang berakhir di bukit Marwa.

Setelah menggunting rambut maka selesailah seluruh kegiatan umroh dan jamaah dibebaskan dari beberapa larangan saat dalam kegiatan ihram dan dibolehkan berganti dengan pakaian biasa.

Hal-hal yang dilarangan saat melaksanakan ihram di tanah suci :

  1. Dilarang memotong, mencabut baik sebagian atau seluruh mahkota kepala (rambut), harap diperhatikan untuk tidak memotong kuku, juga berhati-hati untuk tidak menggaruk kulit hingga terkelupas, atau mengeluarkan darah.
  2. Jangan (*dilarang untuk) mengenakan parfum, pun demikian termasuk parfum beraroma pada sabun mandi.
  3. Dilarang menimbulkan, berulah atau membikin gaduh, seperti bertikai.
  4. Jangan berharap (*dilarang) untuk dapat bermesraan secara berlebihan bagi pasangan suami istri karena aktifitas umroh merupakan ibadah yang dilakukan secara umum, hal ini bertujuan untuk tidak menganggu ke khusuan jamaah lainnya.
  5. Dilarang melakukan hubungan suami istri selama kegiatan ihram
  6. Dilarang mengucapkan kata-kata kotor.
  7. Dilarang melakukan Ijab qobul atau pernikahan.
  8. Dilarang melakukan aktifitas berburu binatang liar.
  9. Dilarang membunuh binatang liar, atau binatang pelliharaan tanpa uzur daruroh (kecuali mengancam jiwa), melakukan kerusakan seperti mencabut tumbuh-tumbuhan hidup, memotong atau mengganggu kehidupan mahluk.
  10. Bersolek dilarang dengan kata lain tidak boleh memakai make-up.
  11. Dilarang mengunakan penutup kepala (sorban, topi, dsb) bagi Pria dan memakai pakaian ada jahitannya, juga dilarang memakai alas kaki yang dapat menutup mata kaki.
  12. Dilarang bagi Wanita menutup wajah, dilarang juga menutup telapak tangan.

Demikian tahapan dan urutan mengenai syarat dan rukun umroh serta larangannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat, menambah kahzanah wawasan Anda dan memberi gambaran mengenai kegiatan umroh yang akan Anda laksanakan, termasuk mereka yang hendak melaksanakan umroh memalui program paket umroh di tahun ini.

Sehingga menjadi Ibadah umroh yang mendapat keberkahan dan pahala disisi Allah, juga diberi kesehatan dan stamina yang baik hingga kembali ke tanah air dengan membawa umroh yang mabrur dan maqbul, Amin ya Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here