Panduan ibadah umroh,untuk Anda dan persyaratan umroh 2018 dilengkapi informasi paket umroh 2018 untuk keberangkat paket umroh plus dubai yang dijadwalkan untuk keberangkatan umroh dibulan februari,  maret, april hingga mei 2018.

ibadah umroh
ibadah umroh

Pengertian umroh secara sederhana ialah berkunjung. Dengan kata lain umroh merupakan suatu amalan atau perbuatan yang dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat yang sudah ditentukan tujuan dan segala aktifitas selama perjalanan kunjugan tersebut. Adapun umroh bisa dilakukan tanpa ada waktu khusus bisa kapan saja (tidak terpaku pada musim tertentu seperti masa, bulan romadhon saja atau ibadah haji yang dilaksanakan saat bulan Dzulhijjah satu tahun sekali).

Ketentuan saat melaksanakan ibadah umroh

Syarat

Dalam melaksanakan umroh syaratnya kurang lebih sama seperti saat mengerjakan ibada haji:

  1. Beragama Islam
  2. Baligh, dan berakal
  3. Merdeka
  4. Memiliki kemampuan, adanya bekal dan kendaraan, serta anggaran
  5. Ada mahram (khusus bagi wanita)

Rukun

Adapun Rukun umrah antara lain adalah :

  1. Ihram, berniat untuk memulai umrah
  2. Thawaf
  3. Sai
  4. Tahallul
  5. Tertib

Wajib

Hal yang wajib Anda patuhi selama umrah adalah:

  1. Melakukan ihram ketika hendak memasuki miqat
  2. Bertahallul dengan menggundul atau memotong sebagian rambut

Catatan:

  • Jika Anda meninggalkan salah satu, sebagian atau beberapa rukun umroh, maka ibadah umrah Anda tidak sempurna sehingga wajib diulangi
  • Saat Anda Meninggalkan (*mungkin) kewajiban umrah, maka tetap sah namun untuk menebus kesalahan tersebut (karena meninggalkan kewajiban) bisa diganti dengan membayar DAM
  • Melakukan hubungan Suami istri, sebelum Anda melakukan tahallul maka wajib untuk membayar denda berupa membayar seekor kambing.

Beberapa Jenis Umroh yang perlu Anda ketahui

Mungkin tidak banyak jemaah calon ibadah umroh yang mengetahui ada beberapa jenis umroh, seperti :

  • Umroh Mufradah
  • Umroh Tamattu’
  • Umroh Sunah

Tata cara panduan ibadah umroh

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat pelaksanaan umrah, sebagaimana berikut ini :

  1. Sebelum melaksanakan ihram maka disunnahkan mandi janabah (besar) dan menggunakan pakaian ihram. Bagi kaum lelaki memakai 2 kain yang digunakan untuk sarung dan selendang, lalu untuk kaum wanita dapat memakai pakaian apa saja dengan syarat menutupi aurat tanpa ada hiasan, tidak memakai cadar dan atau sarung tangan.
  2. Memantapkan hati dengan berniat umrah dalam hati, sesaat sampai di miqot (merupakan batas daerah tanah suci) lalu hendaknya melakukan sholat sunah dua rokaat, tidak lupa melafalkan:

Labbaika Allahumma ‘umrotan atau Labbaika Allahumma bi’umrotin. Setelah melafalkan kalimat diatas lalu bertalbiyah dengan mengeraskan suara bagi jamaah laki-laki dan bagi wanita cukup dengan suara yang dapat didengar orang yang ada di sampingnya. yaitu mengucap kalimat doa Labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka.

  1. Saat Anda dan jamaah sampai dikota Makkah, seperti informasi diatas, yaitu disunnahkan mandi janabah terlebih dahulu sebelum Anda memasuki kota Makkah. Dan saat Anda beserta jamaah berada di ka’bah, lafalkan talbiyah dan berhenti sebelum thawaf.
  2. Lalu kemudian Anda bersama jamaah menuju hajar aswad untuk menyentuh menggunakan tangan kanan dan menciumnya jika memungkinkan, namun jika tidak bisa menyentuh dan menciumya, maka cukup memberi isyarat dan berkata Allahu akbar lalu melafalkan Bismillahi wallahu akbar.
  3. Lakukan Thawaf sebanyak 7 kali putaran dengan 3 putaran pertama berjalan agak cepat dan 4 putaran sisanya dengan berjalan seperti biasa. Saat Anda dan jamaah melakukan thowaf maka diawali dan diakhiri di hajar aswad dengan posisi ka’bah berada di sebelah kiri Anda.
  4. Dan lakukanlah salat sunnah 2 raka’at dibagian belakang maqam Nabiyulloh Ibrahim Alaihi Salam, jika hal itu dapat dilakukan atau dapat dilakukan pada tempat lainnya di dalam masjidil haram. Membaca surah Al-Kafirun pada raka’at pertama setelah surah Al-fatihah dan Al-Ikhlas pada raka’at kedua, juga setelah membaca surah Al-fatihah.
  5. Melakukan Sa’i dengan naik ke bukit Shofa, lalu menghadap kiblat dan menengadah tangan ke langit serta melafalkan Innash shofa wal marwata min sya’aairillah. Dan para jamaah beserta Anda mengucapkan Abda’u bima bada’allahu bihi (Aku memulai dengan apa yang Allah memulainya). Setelah itu Anda dan Jamaah mengucapkan kalimat takbir 3 kali tanpa memberi isyarat, serta mengucapkan Laa ilaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul mulku wa lahul hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai’in qodiir. Laa ilaha illallahu wahdahu anjaza wa’dahu wa nasoro ‘abdahu wa hazamal ahzaaba wahdahu sebanyak  Setelah itu panjatkan berdoa seseuai dengan Hajat masing-masing para peserta umroh.

Pada amalan poin 7 diulangi setiap putaran di sisi bukit Shofa dan Marwah disertai dengan doa.

Catatan:

  • Sa’i dilaksanakan dengan jumlah sebanyak 7 kali, dihitung dengan hitungan berangkat satu kali lalu arah kembali dihitung satu kali, dengan diawali dari bukit Shofa dan diakhiri saat di bukit Marwah.
  • Mencukur sebagian rambut atau seluruh rambut kepala bagi jamaah lelaki dan cukup memotong rambut sebatas ujung jari bagi jamaah wanita.

Dengan demikian selesai sudah amalan umrah, adapun paket umroh plus dubai yang dijadwalkan untuk keberangkatan umroh dari bulan Februari 2018,  maret, april, mei hingga december 2018

Tanggal Bulan :

15 & 22 Nov 2017 | 13, 23, & 27  Des 2017 |18 – Jan 2018 | 22 – Feb 2018 | 29 – Mar 2018 |Apr 2018 | 23 – Des 2018

Untuk informasi detail, jadwal dan keberangkatan silakan klik disini: rincian paket umroh plus dubai.

Semoga amalan ibadah Umroh Anda dan para calon Jamaah umroh nanti akan diterima disisi Allah dan menjadi berkah, Amin ya robbal ‘Alamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here