Sudahkah Anda melakukan General Check Up sebelum berangkat Umroh?

0
128
General Check up Umroh

Dapat melaksanakan ibadah Haji dan Umroh adalah Kabar gembira dan menyenangkan Hati, bagaimana tidak seorang muslim dapat memenuhi panggilan Iman yang melekat kuat dalam jiwa. Tidak sedikit orang muslim memiliki waktu, kesehatan fisik dan juga kemampuan secara financial namun tidak semua tergerak hatinya untuk dapat pergi dan berangkat menuju baitulloh, karena ibadah Haji dan umroh merupakan panggilan Jiwa.

Sebelum Anda dan saudara-saudaraku berangkat menuju tanah suci ada baiknya memperhatikan dan mempersiapkan kesehatan dan stamina tubuh agar terjaga dan tetap fit selama aktifitas Haji atau Umroh di tanah suci Makkah. Berikut adalah 7 hal persiapan Kesehatan Sebelum Berangkat Ibadah Haji atau Umroh:

  1. General Check Up
    Sangatlah penting dilakukan untuk mengetahui apakah tubuh anda benar-benar sehat atau tidak sebelum berangkat ibadah Haji. Misalnya melakukan pemeriksaan Tensi Darah, Rekam Jantung, Rontgen dan sebagainya. Dengan melakukan General Check Up sebelum berangkat Haji maka anda dapat mencegah,mendeteksi mengobati secara dini beragam penyakit yang bisa saja timbul dari tubuh anda sendiri. Sehingga kekhusu’an ibadah haji tidak terganggu.
  2. Vaksinasi

Iklim Indonesia dan Arab Saudi jauh berbeda, tubuh jama’ah pun tidak bisa langsung beradaptasi dengan iklam yang ada di Arab Saudi. Belum lagi disana terdapat jutaan Jama’ah haji dari berbagai

Vaksin Umroh

negara, jadi tingkat resiko penularan penyakit sangat tinggi. Tidak heran banyak Jama’ah haji yang langsung terserang penyakit apalagi jika kondisi tubuhnya sedang melemah. Untuk itu sangat penting dilakukan Vaksinasi sebelum berangkat menunaikan Ibadah Haji.

 

  1. Tinggalkan Pola Hidup yang Tidak Sehat

Pola Hidup sehat sangatlah penting disetiap saat, apalagi ketika kita hendak berangkat Haji. Misalnya Calon Jamaah yang punya kebiasaan merokok, Usahakan untuk berhenti merokok sebelum berangkat Haji karena dengan berhenti merokok paru-paru dan sistem pernafasan kita akan ringan dan siap menghadapu cuaca ekstreem yang ada di Arab Saudi.

  1. Hindari Stress

Stress akan membuat tekanan jasmani dan rohani. Sebelum dan selama berada di Tanah Suci sebaiknya  calon jemaah  seharusnya menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dan tidak wajib dilakukan. Jangan sampai ketika menjalankan ibadah di tanah suci justru terbebani berbagai masalah. “Stres ini akan merugikan calon jemaah baik fisik maupun psikis, dan bisa menimbulkan penyakit baru,”.

  1. Kenali Fasilitas

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan juga menganjurkan untuk semua Jama’ah belajar dan mengenal tentang fasilitas dan pelayanan yang ada di Arab saudi, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan Jama’ah bisa langsung mengambil tindakan tanpa harus menunggu dokter yang mengawal sebagai tindakan pertolongan pertama.

  1. Olahraga

Persiapan sebelum berangka Haji sangat menyita waktu, jadi banyak calon Jama’ah yang melupakan yang namanya olah raga. Pada artikel sebelumnya kami mengulas tentang 7 Menit Sehat & Bugar bagi anda yang super sibuk. Pola latihan tersebut juga bisa diterapkan dengan menambah julah waktu yang tadinya 7 menit jadi 10 menit pada saat kardio untuk menjaga metabolisme dan daya tahan tubuh anda. Konsumsi makanan sehat dan jaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Sesuaikan juga latihan dengan umur anda.

  1. Konsultasikan dengan dokter pendamping

Jika Anda mempunyai beberapa penyakit dalam fisik anda, maka usahakan konsultasikan kepada dokter anda atau dengan dokter pendamping tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan dan yang boleh dilakukan. Bawa selalu obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan sesuai penyakit yang anda derita. Selain itu tanyakan kira-kira kemungkinan timbulnya penyakit yang timbul ketika berada di Tanah Suci dan bagaimana cara mencegahnya.

kira-kira seperti itu ulasan yang mungkin bisa diterapkan sebelum Anda berangkat menunaikan Ibadah Haji atau Umroh, Semoga anda diberi kemudahan, kekhusuan dan menjadi Haji yang Mabrur dan Umroh yang Makbul. Amiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here