3 Hal Penting sebelum umroh yang harus dipersiapkan?

By | January 27, 2018

Saat akan melaksanakan Ibadah Umroh, sudah tentu kita harus melakukan beberapa persiapan saat akan umroh supaya ibadah yang kita kerjakan nanti di tanah suci bisa dilaksakan dengan khidmat dan khusuk secara maksimal. Berikut merupakan beberapa tips berkenaan persiapan umroh yang akan diulas meliputi:

tips persiapan untuk umroh

Persiapan ruhani

persiapan rohani

  1. Kita harus meluruskan niat semata-mata beribadah karena menyambut seruan Allah taala. Dengan niat yang lurus hanya karena Allah taa’ala tentu akan menentukan hasil dari amalan yang akan kita kerjakan nanti, dengan lurusnya niat semoga akan membantu dalam mengerjakan umroh yang kita kerjakan dengan sempurna.
  2. Bertaubat atas semua kesalahan yang pernah dikerjakan. Sebagai manusia biasa sudah barang tentu sulit mengingat-ingat banyak hal yang telah dilakukan di masa lalu? Perkataan, Ucapan, Perbuatan apakah menyakiti orang atau tidak Oleh karena itu lebih baik bila sebelum berangkat umroh kita meminta maaf terutama kepada ayah, ibu, keluarga dan tetangga dekat.
  3. Mencari tahu dan mempelajari mengenai syarat dan rukun seputar ibadah umroh misalnya hal yang dilarang selama umroh termasuk juga hal yang berkaitan dengan itu misalnya sholat dalam perjalanan, cara tayamum, waktu-waktu sholat, cara mengerjakan sholat sunah dan adab pergaulan sesama muslim.
  4. Melunasi hutang, mengembalikan barang titipan termasuk juga mencari sumber dana yang halal yang akan digunakan untuk biaya umroh. Termasuk juga biaya untuk keluarga yang kita tinggalkan yang menjadi tanggungan kita.
  5. Menjaga amalan baik yang wajib dan sunah, supaya nanti kita juga terbiasa menjaga amalan selama di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang mabrur adalah tidak tertinggal dalam hal yang wajib maupun yang sunah.

Persiapan Fisik

Ibadah umroh termasuk ibadah yang tidak ringan terutama bagi orang yang lanjut usia. Sebagaimana diketahui kebanyakan jamaah haji dan umroh adalah orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas. Hanya sebagian kecil yang berusia 50 tahun ke bawah. Oleh karena ada beberapa persiapan yang dilakukan berkenaan dengan persiapan fisik:

Persiapan fisik

  1. Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga lainnya setiap pagi untuk melatih kebugaran badan.
  2. Membiasakan minum multivitamin kalau bisa kembali ke herbal, seperti Madu untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena saat melaksanakan Umroh tubuh membutuhkan stamina tambahan karena cuaca, medan dan demografi yang berbeda. Dengan maksud menjaga kesehatan dan stamina selama melakukan aktifitas ibadah umroh yang membutuhkan energi yang banyak.
  3. Terutama bagi kalangan muda usia 50 tahun ke bawah yang tentu mempunyai fisik yang lebih baik daripada yang usia lanjut, ada baiknya juga untuk membantu teman-teman yang telah lanjut usia dalam beribadah umroh. Selain faktor usia umumnya jamaah memiliki keterbatasan pengetahuan misalnya kesulitan dalam menggunakan lift, dan lain sebagainya. Semoga dengan membantu mereka akan membantu kesempurnaan ibadah umroh kita.
  4. Bila perlu bisa konsulltasi ke dokter untuk melakukan General Check Up dan mendapatkan arahan kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci.

Persiapan Financial

Persiapan Financial

Secara sunnatulloh, untuk bepergian dibutuhkan bekal. Dalam hal ini anda mesti menyiapkan dana, baik dana untuk umroh maupun dana untuk hal-hal lain yg tidak terduga. Dana untuk umroh mesti disesuaikan dengan travel dan fasilitas yg diberikan (cek lagi poin 2).

Sementara untuk dana lain-lain, seperti:

  1. Dana sedekah kepada cleaning service sebesar 100-150 riyal.

Pada saat di tanah suci, terutama di Mekkah, kita akan menemui banyak saudara2 kita dari Indonesia yg bekerja sebagai cleaning service. Ajak mereka ngobrol dan beri sedekah kepada mereka, 5-10 riyal tiap sedekah. Percayalah, bahwa sedekah anda itu sangat berarti bagi mereka, karena gaji mereka tidak terlalu besar!

  1. Dana sedekah kepada pengemis sebesar 50 riyal.

Di Mekkah atau pada saat anda tour ke tempat-tempat bersejarah, anda akan banyak menemui pengemis. Saya lebih suka memberi sedekah kepada cleaning service (poin a), jadi saya sarankan anggaran dana utk sedekah pengemis tidak terlalu besar, max 50 riyal. Atau malah lebih baik anda sedekah sesuai poin a. Insya ALLOH lebih bermanfaat.

  1. Dana wakaf Al Qur’an, mulai 20 riyal.

Saya sarankan anda untuk wakaf Al Qur’an, baik di Madinah maupun di Mekkah. Harga Al Qur’an untuk wakaf ada yg 20 riyal, ada juga yg 50 riyal. Jumlah Al Qur’an yg hendak anda wakafkan, tergantung anda. Hanya saja, saya sarankan anda wakaf minimal 3 buah, wakaf untuk anda+keluarga, wakaf untuk orang tua anda, wakaf untuk orang tua pasangan (suami/istri) anda.

Jika di Madinah, anda bisa temui penjual Al Qur’an wakaf ini di pintu gerbang masuk masjid Nabawi. Sementara di Mekkah, anda bisa beli di toko-toko buku. Al Qur’an yg akan diwakafkan akan diberi stempel “waqaf lillahi ta’ala”. Selanjutnya anda bawa ke masjid dan simpan di tumpukan Al Qur’an yg ada di berbagai sudut masjid.

Tidak perlu khawatir Al Qur’an anda tidak dibaca/menjadi amalan, karena jika jumlah Al Qur’an terlalu banyak (di masjid Nabawi/Masjidil Haram) maka Al Qur’an tersebut akan dikirim ke daerah2/masjid2 lain yg membutuhkan.

       4.Dana utk cukur tahalul, 10-20 riyal.

Usai umroh, anda mesti potong rambut. 10 riyal utk cukur sedikit, 15 riyal utk potong pendek, 20 riyal utk gundul. Saran saya, digundul saja sesuai contoh Rasululloh SAW dan hadits berikut:

– Abdullah bin Umar r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bercukur pada waktu haji dan segolongan sahabat beliau, dan sebagian dari mereka ada yang memendekkan rambutnya. Beliau berdoa, “Ya Allah, berilah rahmat kepada orang-orang yang bercukur.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang menggunting rambut, wahai Rasulullah?” Beliau berdoa, “Ya Allah, berilah rahmat kepada orang-orang yang bercukur.” Mereka berkata, “Dan orang-orang yang menggunting (rambut), wahai Rasulullah?” Beliau mengucapkan (pada kali keempat,[68]) “Dan orang-orang yang menggunting (rambut).”

– Abu Hurairah r.a. berkata, “Rasulullah mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah orang-orang yang bercukur.’ Mereka berkata, ‘Dan, orang-orang yang menggunting rambut.’ Beliau mengucapkan, ‘Ya Allah, ampunilah orang-orang yang bercukur.’ Mereka berkata, ‘Dan, orang-orang yang menggunting rambut’. Beliau mengucapkannya tiga kali, sabdanya lagi, ‘Dan, kepada orang-orang yang menggunting rambut.’”

Pengertian cukur di sini adalah menggunduli kepala.

– “Ya Allah rahmatilah orang-orang yang menggundul rambutnya.” Lalu orang-orang berkata, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya wahai Rasulullah.” Namun Rasulullah saw. bersabda lagi, “Ya Allah rahmatilah orang-orang yang menggundul rambutnya.” Orang-orang pun berkata lagi, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya wahai Rasulullah.” Lalu Rasulullah saw. bersabda, “Dan orang-orang yang memendekkan rambutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim dari hadits Abdullah bin Umar r.a.)

      5. Dana cadangan beli makanan, 100-300 riyal.

Pada dasarnya anda tidak perlu khawatir dengan makanan, karena makanan yg disajikan oleh hotel sebenarnya sudah memadai. Namun adakalanya anda terdesak untuk beli makanan/minuman di luar. Harga 1 paket makanan (yg layak makan) sekitar 20-25 riyal. Jika tidak kepepet, jangan beli makanan di luar, kecuali anda ingin icip2 makanan Timur Tengah. Pengalaman saya, umroh di bulan Ramadhan sebenarnya menghemat pengeluaran saya utk membeli makanan (tambahan), selain minuman soda, susu, dan air putih yg harganya masing2 2riyal,2riyal,dan 1riyal.

     6. Dana oleh-oleh, 500-1500 riyal (*Jika ada rezeki lebih).

Jika anda hendak membeli oleh-oleh umroh/haji, apalagi anda punya keluarga besar, maka siapkan setidaknya 500 riyal. Yg wajib anda beli adalah kurma ajwa (kurma yg biasa dimakan Rasululloh SAW). Harganya sekitar 110 riyal/kg. Anda bisa tawar menjadi sekitar 100 riyal/kg tapi anda mesti beli cukup banyak (lebih dari 3kg). Coklat yg terbuat dari kurma harga sekitar 35 riyal/kg,tapi bisa ditawar menjadi 100 riyal/kg.

Untuk tasbih, harganya sekitar 2-3 riyal/buah. Baju gamis sekitar 50-75 riyal/potong. Surban 15-20 riyal. Sajadah 30-50 riyal. Baju untuk istri sebaiknya anda beli di toko2 pinggir jalan. Mutunya cukup baik, tidak kalah dengan yg di mall. Harga baju di toko pinggir jalan sekitar 130-200 riyal, tergantung motif dan bahannya. Sementara di mall, utk baju yg sejenis bisa mencapai 500 riyal.

Kalender jika tidak salah 20 riyal. Untuk pernak-pernik lain, bisa anda tanya langsung ke penjualnya. Jangan sungkan untuk menawar, jika perlu 1/2 harga yg dia berikan. Biasanya harga akan deal di 3/4 harga yg dia tawarkan. Jangan lupa juga untuk ngelus2 jenggot si penjual (terutama jika dia Arab dan punya jenggot).

        7. Dana laundri, mulai dari 100 riyal.

Pada saat anda melakukan perjalanan, anda akan sering ganti baju, terutama karena hawa tanah suci yg cukup panas. Maka siapkan dana untuk laundri, minimal 100 riyal, tergantung dari jumlah pakaian yg anda bawa (cek poin 5 di bawah). Untuk baju&jaket kain 4 riyal, celana dalam&kaos dalam 2 riyal, celana 4-5 riyal.

      8. Dana tidak terduga, 500 riyal.

Total dana yg mesti disiapkan minimal 1500 riyal (lebih kurang Rp 4,5 juta).

Semoga beberapa persiapan umroh  diatas, dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *